Kamis, 07 April 2016

Persiapan Traveling ke Jepang

Persiapan Traveling ke Jepang -Alhamdulillah setelah sekian lama kumenanti..akhirnya tahun ini di approve sama Pak suami liburan ke Jepang (makin cintaa deh akyu padanya)
Kebetulan pula ada temen yg ngabarin ada promo tiket kesana.

Pak suami yang sibuk dengan pekerjaan desain interiornya memilih menyerahkan urusan perjalanan ke Jepang sama istrinya. Karena kami memilih jalan sendiri tanpa tour melalui travel agen, akhirnya mulai tuh browsing tentang Jepang.
Tujuan utama saya sebenernya mau lihat bunga sakura dan ke Disneyland - Disneysea sama mau naik shinkansen yg konon kereta tercepat di dunia itu.

Berikut saya buat sedikit catatan persiapan sebelum berangkat ke Jepang berdasarkan pengalaman pribadi :

1. Paspor harus wajib masa berlakunya minimal 6 bulan saat kita akan berangkat

2. Cari tiket promo terbang ke Jepang. Kemarin saya dapet tiket promo Cathay Pasific PP Jkt-Tokyo transit di Hongkong. Kalau yang ga pakai transit bisa pakai maskapai Garuda Indonesia, Ana, atau JAL

3. Buat Visa minimal 1 bulan sebelum berangkat buat jaga-jaga aja kalau dokumennya ada yang ditolak. Waktu pembuatan visa Jepang siy 4 hari kerja sejak kita submit berkas kelengkapan visa di kedutaan Jepang. Tapi kalau ada yang kurang lengkap bisa lebih dari itu.

4. Pilih penginapan (jika kita menginap di hotel) yang dekat dengan akses transportasi kereta. Usahakan booking penginapan jauh hari sebelum hari keberangkatan karena biasanya harganya lebih murah. Pengalaman sendiri siy saya booking hotel 2 bulan sebelum keberangkatan dan pilih yang bebas biaya cancel (incase kita ga jadi nginap di hotel itu).
Untuk hotel saya booking melalui agoda.com dan menginap di apartemen yang disewakan melalui airbnb.com

5. Sedang musim apa disana saat kita akan datang ke Jepang. Hal ini untuk mengetahui cuaca disana sehingga kita bisa persiapankan baju yang akan dikenakan disana. Untuk awal April saat musim semi suhunya 15-20 dc..Kalau buat aku pribadi suhu segitu uda duingin hehe.. 

6. Rental mobile wifi atau beli paket data untuk mendapatkan layanan mobile internet selama di Jepang
Di Jepang ga kayak di Jakarta banyak free akses internet. Buat yang mobile kayak saya dan pak suami, akses internet di jaringan smartphone itu kudu wajib adanya.
Pengalaman saya setelah membandingkan harga roaming internet yg disediakan provider di Jakarta dengan sewa mobile wifi selama di Jepang, harganya lebih murah sewa mobile wifi. Karena sewa 1 mobile wifi bisa dipakai bersamaan beberapa gadget.
Sewa mobile wifi ini bisa juga dilakukan di travel agen tour di Jakarta, seperti HIS travel, jalan tour dan ada beberapa travel agen lain. Dengan harga paket 7 hari rental sekitar 600-700ribuan.
Namun karena keberangkatan saya ke Jepang saat peak season dibulan April semua agen tour yang saya hubungin sudah sold out. Mau pake roaming internet dari provider mikir seratus kali deh.. 150ribu perhari untuk 1 smartphone, mihiil banget yaah boww, lumayan selisihnya bisa buat jajan di Jepang soalnya hehehe..
Akhirnya saya dapat rental mobile wifi di pupuru.com dengan harga 400 yen/day.
Silahkan tinggal lihat aja di websitenya, diisi form nya dan bayar pakai kartu kredit visa/mastercard. Untuk pengambilan bisa dipilih mau kita ambil dimana saat kita tiba di Jepang. Kalau saya pilih pengambilan di bandara saat kedatangan biar bisa langsung dapet akses wifi lumayan buat panduan jalan saat di Jepang.
Cantiknya bunga Sakura 
Sensoji Temple di daerah Asakusa 

2 komentar:

  1. maaf pertanyaan OOT

    untuk coat yang bunda dewi pakai di foto itu beli dimana ya ?

    sekaligus dimana ya beli jaket anak untuk persiapan suhu 10-20 derajat C musim semi

    Terima kasih

    BalasHapus
  2. Dear Mba Rianti, mohon maaf sekali baru "ngeh" ada comment nya di postingan saya.
    Jaket yang saya pakai ini kebetulan oleh2 dari kakak ipar yang sering dinas ke Tokyo. Kalau Jaket anak, saya beli di FO Heritage, atau kalau mau cari jaket yang tebal seperti itu untuk dewasa dan anak bisa juga cari di Uniqlo.

    BalasHapus