Selasa, 10 November 2015

Tips Memilih Sekolah Dasar untuk Anak

Tips Memilih Sekolah Dasar  untuk Anak - Tahun ajaran baru sebenarnya masih amat jauh, masih sekitaran tahun depan sebenernya, tapi beberapa sekolah dasar terutama swasta sudah mulai melakukan pembukaan dan melakukan pendekatan pada kita kita mahmud (mamah muda).


Posisi kelahiran anakku yang engga pas dengan usia wajib belajar sekolah dasar membuatnya belum cukup umur untuk memasuki SD negeri yang didambakan suamiku buat biaya yang lebih ekonomis. Jadinya ya... kita harus memilih beberapa sekolah yang ada dan memulai harus memilihnya.

Dari pengalaman tersebut itulah aku pengen berbagai hal yang jadi patokan kami sebagai otang tua menentukan sekolah bagi anak kami.

1. Jarak yang terjangkau.
Pertama yang jadi pertimbangan kami adalah jarak dari rumah.. kawasan tempat tinggal kami bukanlah kawasan baru yang membuatnya dikeliling beberapa sekolah di daerah yang sudah well establised. Sebut saja embun pagi, ar ridho, JIS, Al Azhar Sentra Prima ,dan Global.. udah ketauan donk dimana aku tinggal.. Jarak sebagai pertimbangan penting karena satu.. kita engga pake supir.. statusku yang walaupun CFO (Chief Finance Officer) aka emak emak pegang duit di Jasa Pembuatan Seragam jakarta . Membuatku tidak mungkin selalu bisa menjemput anakku dan harus mengandalkan anter jemput setidaknya ketika anakku pulang sekolah.

2.Konsep pendidikan.
Membuat jadwal kunjungan awal untuk melihat lihat apa yang sedang diajarkan.. study ruangan kelas serta konsep yang diusung adalah hal yang bisa dan harus dilakukan. Selain kunjungan.. aktif bertukar pikiran dengan mahmud yang lain.. browsing internet serta komunikasi di arisan itu membantu juga dalam pembuatan sistem tabulasi kami. Oh iya .. ngomong ngomong tabulasi.. teknik ini penting loh.. untuk membandingkan mana sekolah yang terbaik.

3. Visit langsung dan perhatikan anak yang berada disana.

Kedatangan buat kami menjadi penting .. kenapa? Karena kita bisa melihat langsung fasilitas yang ada dan ekspresi anak anak yang bersekolah disana.. seneng sedih.. tertekan .. stressfull ataupun lainnya membuat kami bisa mencoba mengira ngira dengan sistem pengelolaan dan pendidikan sekarang apa yang terjadi.. bahkan di satu sekolah aku merasa amaze juga bagaimana anak anak mau salaman sama aku dan mahmud yang lain ketika berpapasan..

4. Budget
Nah ini nih.. swasta mahal mahal bo! Budget jadi opsi tambahan buatku.. cobalah tanya mendetail kepada marketing tiap sekolah tentang  biaya yang akan timbul buat pendidikan anak .. fungsinya yang paling penting sih sebenernya untuk persiapan... Persiapan proposal buat pak bos.. jadi kalo diskusi kita udah punya bahan gitu loch.. sifat suamiku yang cukup kritis sebenernya membantu banget.. bahkan sistem tabulasi ini aku pertama mudengnya ya dari doi.

Demikian sharing aku ke pembaca blog aku ini.. moga moga tips mengenai memilih sekolah ini berguna yach...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar